TEMA HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024

BPIP juga telah menetapkan tema Hari Lahir Pancasila 2024, yakni “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema tersebut bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk terus melahirkan generasi bangsa terbaik dan menjaga persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Tema ini diusung BPIP dengan mengingat bahwa Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia akan genap berusia 100 tahun alias satu abad.

Di usia yang ke-100 itu, Indonesia menargetkan sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. Tujuannya agar sumber daya manusia Indonesia menjadi unggul, berkualitas, dan memiliki karakter kuat untuk menyongsong masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, tema ini bermakna bahwa Pancasila lahir menjadi kekuatan Bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hari Pancasila diperingati masyarakat Indonesia setiap tahunnya pada tanggal 1 Juni. Peringatan ini ditetapkan untuk menghormati perjuangan pahlawan terdahulu dalam merumuskan dasar negara.


LOGO FILOSOFI HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024

Logo Hari Pancasila 2024
Melansir Pedoman Identitas Visual Harlah Pancasila 2024, logo Hari Lahir Pancasila 2024 adalah “Sandaya Taru” atau “Pohon Persatuan”. Logo ini mencerminkan sebuah persatuan, sikap gotong royong, dan kesetaraan.

Logo Hari Lahir Pancasila 2024


Logo

Sandaya Taru atau Pohon Persatuan terinspirasi dari nilai Pancasila ketiga yakni Persatuan Indonesia yang dilambangkan Pohon Beringin. Pancasila diibaratkan sebagai pohon yang menjadi sumber kehidupan manusia.
Pancasila pada akhirnya lahir sebagai kekuatan Bangsa Indonesia. Pancasila tertancap di alam lubuk sanubari bangsa Indonesia sebagai pemersatu yang bhineka, kuat, dan abadi.
Selain itu, logo tersebut mengartikan bahwa Pancasila telah menjaga jiwa-jiwa setiap insan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila membentuk karakter budi pekerti luhur dari generasi ke generasi.

1. Pohon Persatuan

Logo Hari Lahir Pancasila 2024 Foto: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Pada logo ini terdapat gambar pohon persatuan dengan deburan ombak besar di kiri dan kanannya. Maknanya, yaitu terdapat jiwa pemersatu yang kokoh dalam menghadapi segala tantangan untuk mengemban nilai-nilai Pancasila.
Ada pula 5 sila Pancasila yang dipresentasikan oleh 4 helai daun sebagai tangan dan 1 daun sebagai kepala. Gambar 1 daun itu sekaligus sebagai ilustrasi angka 1 yaitu tanggal peringatan Hari Pancasila.

2. Penjaga dan Pertahanan

Logo Hari Lahir Pancasila 2024 Foto: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Selanjutnya, pada logo terdapat ilustrasi burung garuda dan tameng. Ada pula 4 helai bulu yang menjadi perekat dan pemersatu bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, budaya, dan bahasa demi mempertahankan visi an misi Indonesia emas di tengah tantangan global.

3. Generasi Penerus

Logo Hari Lahir Pancasila 2024 Foto: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Terdapat tunas berwarna emas pada puncak pohon yang melambangkan proses upaya mencetak generasi mas penerus bangsa dengan kecerdasan yang komprehensif (produktif dan inovatif), berkarakter kuat (damai dalam interaksi sosial), sehat (menyehatkan dalam interaksi alamnya), dan berperadaban unggul.

4. Gotong Royong

Logo Hari Lahir Pancasila Foto: doc. BPIP
Berikutnya, ada ilustrasi manusia yang sedang bergandengan tangan. Ilustrasi tersebut merepresentasikan gotong royong guna mewujudkan pertumbuhan negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan dalam harmoni kesetaraan.

5. Globalisasi

Logo Hari Lahir Pancasila 2024 Foto: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Terakhir terdapat ilustrasi yang melambangkan globalisasi. Pada tahun 2024 mendatang, Indonesia sudah genap berusia 100 tahun. Maka, diharapkan pada tahun tersebut Indonesia sudah menjadi negara maju, modern, dan sejajar dengan negara-negara adidaya di dunia.

Sumber : https://harlahpancasila.bpip.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *