Ming. Apr 28th, 2024

I. FAKTA-FAKTA
A. Pada Hari Rabu Tanggal 20 Maret 2024 pukul 15.10 sdn18.00 Wib Bertempat di Hotel Grage Jl. Kartini No 77 Kejaksan Kota Cirebon Telah berlangsung kegiatan Ngabuburit Pengawasan Koordinasi Evaluasi dan Proyeksi Pengamanan Pemilu Tahun 2024  yang di lakukan oleh Bawaslu Kota Cirebon yang di ikuti lk. 100 Orang Sebagi penagung jawab Devi Siti Sihatul Afiah S.Pd.I., M.Pd. ( Ketua Bawaslu Kota Cirebon)

B. Hadir Dalam kegiatan antara lain :
1. Devi Siti Sihatul Afiah S.Pd.I., M.Pd. ( Ketua Bawaslu Kota Cirebon)
2. Nurul fadri, S.Pd.I., M.I.Kom ( Komisinonir Bawaslu Kota Cirebon )
3. Joharudin M Pd Komisioner Bawaslu Kota Cirebon)
4. Mardeko, S.P.,M.M,( Ketua KPU Kota Cirebon Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga)
5. Mohammad Novel S.H,. M.H  ( Anggota DPRD Kota Cirebon dari Fraksi Nasdem )
6. AKBP Agus Syarifudin S.E,. M.H ( KBO Polairud Polda jabar)
7. Kapten Inf Karyono ( Pasi intel Kodim 0614/Kota Cirebon)
8. Lettu Laut (P) Imam Supriyono ( Dankal Rakit Lanal Cirebon)
9. Letda Sandra Suprajana ( Danunit Intel Lanud Sugiri Sukani )
10. Drs. Buntoro Tirto, AP., MH. ( Kepala Badan Kesbangpol Kota Cirebon) beserta Kabid poldagri.
11. AKP  Iwan Gunawan. SH ( Kapolsek Utbar )
12. AKP Joni Rahmat ( Kapolsek Seltim )
13. IPTU Aris ( Kapolsek KP Cirebon )
14. IPTU. Joni SH ( Kapolsek Lemahwungkuk)
15. IPTU Rudiana ( Kapolsek Kesambi )
16. IPTU Aris ( KBO Kasat Intel Polres Ciko)
17. Bambang ( Perwakilan Kejaksan Kota Cirebon )
18. Dimas Sandi ( Perwakilan Pengadilan Negri Kota
Cirebon)
19. Asep Sudrajat ( Kabib Dishub Kota Cirebon)
20 Giri ( Perwakilan Asisten Pemerintahan daerah)
21. Camat  lurah Se-Kota Cirebon.
22. Ormas Dan Undangan lainnya

C. Susunan Kegitan acara:
1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
2. Menyanyikan mars Bawaslu.
3. Sambutan.
4. Doa.
5. Diskusi.
6. Ramah tamah.

D. Sambutan :
1. Nurul fadri, S.Pd.I., M.I.Kom ( Komisinonir Bawaslu Kota Cirebon )
– Saya ucapkan terimakasih kepada para undangan yangbtelah hadir dalam kegiatan ini dan mengapresiasi dalam kehadiranya dan kami ucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa.
– Kami Atas nama Bawaslu Kota Cirebon mengucapkan selamat menunaikam obadah puasa tahun 2024 ,dan kami juga atas nama Bawaslu Kota cirebon mengucapkan banyak terima kasih kepda bapak&ibu sebagai mana kita ketahui Pemilu serentak 2024 Tingkat Kota Cirebon telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan aman dan kondusif.
– Meskipun dalam pelaksanaanya ada beberapa masalah atau Pemungutan suara ulang,di kota cirebon,akan tetapi dalam pelaksanaan PSU dapat berjalan aman dan kondusif,ini semua berkat kerja keras semua pihak sehingga situasi dapat berjalan dengan aman.
– Selama Rekap tingkat KPU Kota Cirebon,dimana kita sama-sama mengetahui bersama ada beberapa hal yang mungkin jadi dinamika dalam hasil pemilu baik ketidak puasan hasil suara partai ataupun Caleg,akan tetapi semua itu alkhamdzulillah semua bisa berjalan aman dan Kondusif.
– Kami Atas nama Bawaslu sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih,atas perjalanan panjang Pemilu serentak 2024 bisa berjalan dengan aman dan kondusif,dan Kami mengajak kepada semua hadirin yang hadir disini,kedepan ada pesta demokrasi lagi yaitu Pilkada, khususnya di Kota Cirebon akan melaksanakan Pemilihan Wali Kota Cirebon mari bersama-sama menyongsong pilkada.

2. Devi Siti Sihatul Afiah S.Pd.I., M.Pd. ( Ketua Bawaslu Kota Cirebon) :
– Yang saya hormati semua hadirin undangan yang hadir dalam acara ini,kami mohon maaf jikalau dalam penyambutan kami ada kekurangan.
– Kami mewakili Bawasl mengucapkan dan aspresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang hadir yang telah memberikan kontribusi kepada pelaksanaan Pemilu serentak 2024 Kota cirebon,sehingga pemilu serentak 2024 berjalan dengan aman dan kondusif.
– Bapak-bapak/ibu-ibu hadirin yang daya Hormati, kita ketahui bersama dibwilayah Kota Cirebon ada beberapa TPS yang harus melalukan PSU,kami Bawaslu tetap kawal Proses PSU sehingga dalam pelaksanaanya bisa berjalan aman
– Bawaslu menerima Residu-residu dari proses Pemilu tersebut,sampai dengan sekarang kami masih menyelesaikan permasalahan pemilu kemarin dan alkhamdzulillah semua masalah yang ada di Kota cirebon Clear dan sudah diatasi semua.
– Pilkada serentak sebentar lagi dilaksanakan,oleh karena itu kami mengharapkan dari Pengalaman Pengamanan Pemilu Serentak 2024 lalu jadikan pengalaman baik untuk menyongsong Pemilihan Kepala Daerah 2024 Khususnya di wilayah Kota Cirebon,sehingga bisa berjalan dengan an dan Kondusif.
– Dinamika-namika sosial,dan keamanan kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada jajaran TNI/Polri yang telah mengawal dan mengamankan pemilu serentak 2024 berjalan aman dan kondusif,dan sekaligus Acara ini secara resmi kami Buka

E. Diskusi Dengan Nara sumber :
1. Drs. Buntoro Tirto, AP., MH. (Kepala Badan Kesbangpol Kota Cirebon):
– Beberapa Kaki kita Melaksanakan Pemilu dan pada Tahun 2024 alhamdlillah dapat berlangsung aman dan lancar tanpa ada masalah yang berart.
– Bisanya pelaksanaan Pemilu bisanya di laksankan Pileg pada lima tahun sebelumnya namun pada tahun ini pelaksanaan Pemilu dulu baru pelaksanaan Pileg.
merintah Daerah punya peran dalam mendukung penuh kegitan Pemilu, Dan upaya pengawasan dan sosialis guna peningkatkan kesadaran pada masyarakat untuk memilih.
– Melaksanakan apel gelar dalam pelaksanaan dan pengamanan dalam Tahapan Pemilu samapai Pemungutan Suara dan penghitungan suara.
– Melaksanakan simulasi pada tahapan Pemilihan Pemungutan Suara dan penghitungan suara lada saat pemungutan suara.
– Rapat Koordinasi Penertiban APK dalam masa tenang dalam tahapan Pemilu agar tahapan pelaksanaan Pemilu dapat berlangsung lancar.
– Pendidikan Politik bukan hanya Kesbangpol /Pemerintah saja namun tugas partai politik yang ada dalam pendidikan politik terutama kepada para Generasi mudah untuk ikut aktif dalam berpolitik.
– Pelaksanaan Politik tidak hanya tugas penyelenggara pemilu namnun semua elemen yang terkait sangat berpengaruh dalam kesuksesan Pemilu.

2. IPTU Aris ( KBO Kasat Intel Polres Ciko) :
– Polres Ciko Melaksanakan pengamanan dalam MANTAP BRATA Selama 120 hari dalam segala tahapan Pemilu samapai pada tahapan Rekapitulasi tingakat KPU Kota Cirebon yang melibatkan sebanyak 700 Personil dan BKO dari Brimob Polda Jabar dan Polairud Polda Jabar.
– Setiap ada Yang Kampanye kami siap mengamankan setelah ada pemberitahuan ke pihak Polres ciko namun banyak yang tidak sesui dengan kesepakatan bersama kedepannya di harapkan adanya di sosialisasikan kembali agar kampanye dapat berlangsung aman dan kondusif tidak ada konflik selama kampanye.
– Pada intinya Segala Tahapan Pemilu Tahun 2024 dari awal tahapan pemilu dapat berlangsung aman dan kondusif walaupun ada kendala PSU di beberapa TPS namun semua dapat berjalan lancar dan aman.
– Ada Permasalahan timbul kembali di pada tahapan Rekapitulasi tingakat PPK di beberapa kecamatan namun dapat di atasi dan tidak menimbulkan permasalahan Horijontal di masyarakat.
– Intinya Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dapat berlangsung aman dan kondusif tanpa ada konflik Horisontal di masyarakat dan semoga pelaksanaan Pileg juga dapat berjalan dengan sesuai harapan.

II.Catatan.
Kegoatan merupakan Evaluasi Pihak bawaslu dlm Pelaksanaan pemilu Thn 2024
Selama kegiatan berlangsung lancar dan aman.

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *